MOTIVASI HEBAT
(bagian 7) - Sam Walton
"Sebagian besar yang kulakukan saya tiru dari orang lain." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Sebagian besar yang kulakukan saya tiru dari orang lain... saya mungkin mengunjungi lebih banyak kantor sentra bisnis diskon dibanding siapa pun - sepanjang sejarah... saya mengajukan banyak pertanyaan perihal cara memilih harga dan distribusi, apa saja. Aku banyak mencar ilmu dengan cara itu." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Saya tidak pernah puas dengan apa yang sudah baik, dan, kenyataannya, saya merasa bahwa perombakan yang selalu saya lakukan mungkin merupakan salah satu bantuan terbesar saya... saya selalu tertantang untuk melawan sistem, melaksanakan inovasi, melangkah lebih jauh... saya selalu menjadi pemberontak yang suka mengakibatkan gangguan dan membuat sedikit kekacauan." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Yang selalu menjadi obsesi kami yakni menjaga biar harga kami di bawah harga toko lain... Kami berhasil menjual barang dagangan kami dengan harga serendah mungkin, dan hal itu membuat kami bisa berdiri selama sepuluh tahun pertama - hal itu ditambah dengan selalu memperbaiki penjualan kami di pasar-pasar yang lebih kecil dengan cara membina kekerabatan dengan pelanggan. Gagasannya sangat sederhana: saat pelanggan memikirkan Wal-Mart, mereka harus memikirkan jaminan harga murah dan jaminan kepuasan." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Sungguh mengherankan para pesaing kami tidak lebih cepat mengetahuinya dan berusaha menghentikan kami... Yang terjadi yakni mereka tidak benar-benar berkomitmen terhadap bisnis diskon. Mereka terlalu usang mempertahankan konsep toko serba ada kuno mereka. Mereka begitu terbiasa memperoleh markup sebesar 45 persen dan tidak mau melepasnya. Dengan biaya rendah, struktur pengeluaran rendah, dan harga murah, kami mengakhiri sebuah masa dominasi. Kami menutup pintu pemikiran beragam." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Kami benar-benar bisa melaksanakan sesuatu dengan taktik utama kami yang sebetulnya hanyalah menempatkan toko diskon berukuran cukup besar di kota-kota kecil yang tidak diacuhkan orang lain... Jika orang-orang ingin menyederhanakan dongeng Wal-Mart, inilah biasanya cara mereka merangkum diam-diam kesuksesan kami: 'Oh, mereka pergi ke kota-kota kecil saat orang lain tidak ada yang mau.'" - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
"Jika Anda ingin menunjukkan pertumbuhan comparable sales toko sebesar dua digit menyerupai yang kami tunjukkan setiap tahun, dan membuatkan perusahaan menyerupai cara kami membuatkan perusahaan kami, Anda harus terpacu oleh merchandising. Saya sanggup menyebutkan banyak peritel yang pada awalnya terpacu oleh merchandising, namun entah mengapa lama-kelamaan kehilangan dorongan itu." - Sam Walton, pendiri dan mantan CEO Walmart
Dikutip dari buku "What the BEST CEOs know" karya Jeffrey A. Krames
By :
Baca juga: 84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 6)
0 komentar:
Posting Komentar