Dalam dunia bisnis, siapa yang tak kenal dengan Michael Dell (pendiri dan CEO, Dell Computer),
Bill Gates (rekan pendiri dan mantan CEO, Microsoft), Lou Gerstner (mantan CEO, IBM), Andy Grove (rekan pendiri dan mantan CEO, Intel), Herb Kelleher (pendiri dan mantan CEO, Southwest Airlines), Sam Walton (pendiri dan mantan CEO, Wal-Mart), dan Jack Welch (mantan CEO, General Electric). Sepak terjang ketujuh CEO dan mantan CEO terbaik dunia ini selalu dinanti-nantikan oleh para pengamat bisnis dari aneka macam belahan dunia. Daya tarik mereka pada media begitu besar laksana magnet. Seluruh dunia mengikuti perkembangan bisnis dan semua pencapaian mereka. Di bawah ini akan dipaparkan keyakinan-keyakinan mereka hingga mencapai kesuksesan besar. Selamat menyimak!
(bagian 4) - Andy Grove
"Kebanyakan perusahaan mati bukan lantaran mereka melaksanakan kesalahan; kebanyakan mati lantaran tidak berkomitmen. Perusahaan-perusahaan itu menyia-nyiakan momentum dan sumber-sumber berharga mereka dikala membuat keputusan. Bahaya yang lebih besar yaitu tidak melaksanakan apapun." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Saya mengakui bahwa semua bisnis, entah bisnis dunia kasatmata atau dunia maya, dikala ini berada di titik pilihan, menyerupai titik perubahan strategis dan, tergantung pada penerimaan mereka terhadap kedua unsur di atas... Mereka akan harus menulis taktik persaingan gres atau tersingkir." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Saya mempunyai sebuah hukum dalam bisnis saya: melihat apa yang bisa terjadi selama sepuluh tahun mendatang, melihat apa yang telah terjadi sepuluh tahun terakhir." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Hakikat perusahaan menyerupai Intel yaitu pelaksanaan dan strategi. Intel, dipandang dari sisi lain, yaitu sebuah dingklik berkaki tiga. Satu kaki yaitu teknologi - teknologi desain dan silikon - kaki yang lain yaitu produksi, dan kaki yang ketiga yaitu pemasaran. Setiap kali Intel berhasil melaksanakan sesuatu, hal itu lantaran ketiga kakinya seimbang. Setiap kali salah satu kakinya lebih pendek dari yang lainnya, kami pun goyah." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Jika melaksanakan taktik yang salah, Anda akan tenggelam. Jika tidak melaksanakan taktik yang benar, Anda tenggelam... Sebenarnya, ada pola yang sangat bagus: kinerja kami di bidang memori pada tahun '80-an. Pelaksanaan dan taktik kami salah." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"'Jika dewan direksi memecat kita, dan mereka mengangkat CEO baru, menurutmu apa yang akan ia lakukan?' Gordon menjawab tanpa ragu-ragu,'Ia akan mengeluarkan kita dari bisnis memori,' Saya terpaku menatapnya, kelu, kemudian berkata,'Kalau begitu, kenapa kamu dan saya tidak keluar dari kantor ini, kemudian kembali, dan melakukannya sendiri?'" - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Kami telah tersingkir oleh pesaing Jepang kami. Tidak ada pilihan lain bagi kami untuk keluar dari problem itu... Bisnis andalan perusahaan kami tidak terperosok ke dalam lubang tapi menabrak tembok, dan kami harus mengambil langkah yang sangat besar." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Bagi kami, para manajer senior, dibutuhkan krisis siklus ekonomi dan citra kerugian yang sangat besar sebalum kami bisa mengerahkan keberanian yang diharapkan untuk meninggalkan masa kemudian kami." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Sesuatu telah berubah, sesuatu yang besar, sesuatu yang penting, meski tidak begitu terang apa sesuatu itu." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Kita para manajer sering berbicara ihwal perubahan, begitu seringnya sampai perubahan menjadi semacam klise manajemen. Namun, titik perubahan strategis bukanlah perubahan biasa. Hal itu menyerupai arus sungai Tahap VI - arus deras mematikan yang bahkan membuat pengarung riam professional pun berhati-hati mengarunginya - dibandingkan arus air biasa." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Titik perubahan strategis memperlihatkan kesepakatan sekaligus ancaman. Pada dikala terjadinya perubahan fundamental menyerupai itulah klise 'menyesuaikan diri atau mati' memperlihatkan arti sebenarnya." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Bisnis berkaitan dengan membuat perubahan untuk bisnis lainnya. Persaingan berkaitan dengan membuat perubahan; teknologi berkaitan dengan membuat perubahan... Jadi, kemampuan untuk mengetahui bahwa arah angin sudah berubah dan untuk mengambil tindakan yang diharapkan sebelum Anda mengaramkan bahtera Anda sangat penting bagi masa depan sebuah perusahaan." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel"
"Menurut saya, kemampuan Intel mempertahankan kesuksesannya disebabkan oleh perilaku waspadanya yang terus-menerus terhadap aneka macam ancaman, entah yang berupa perkembangan teknologi ataupun pesaing. Kata paranoid dimaksudkan untuk menyiratkan perilaku menyerupai itu, perilaku selalu waspada terhadap bahaya bagi kesuksesan Anda." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Yang terbaik yaitu ketika administrasi senior mengenali dan mendapatkan adanya SIP semenjak awal serta bertindak sebelum keberlangsungan bisnis tersapu oleh kekuatan '10x' lipat yang memengaruhinya." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Tanggung jawab utama seorang manajer yaitu selalu menjaga perusahaan dari serangan orang lain dan menanamkan perilaku penjaga ini dalam diri orang-orang yang dikelolanya." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Melewati SIP membawa kita menjalani periode kebingungan, percobaan, dan kekacauan, diikuti oleh periode penuh tekad untuk mengikuti arah gres mengejar tujuan yang pada awalnya tidak berbentuk. Hal itu mewajibkan kita mendengarkan para Cassandra, dengan sengaja mendorong terjadinya perdebatan dan terus-menerus menyuarakan arah yang baru, pada awalnya ragu-ragu tapi semakin diulang semakin jelas." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
"Dilemanya yaitu Anda tidak sanggup tiba-tiba mulai bereksperimen begitu menyadari Anda sedang berada dalam problem kecuali sebelumnya Anda selalu bereksperimen. Sudah terlambat untuk bertindak kalau keadaan telah mengubah bisnis inti Anda. Idealnya, Anda harus selalu bereksperimen dengan produk, teknologi, jalur distribusi, promosi, dan pelanggan baru." - Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
Dikutip dari buku "What the BEST CEOs know" karya Jeffrey A. Krames
By :
Baca juga:
84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 3)
0 komentar:
Posting Komentar